Profile

PROFIL BPS KABUPATEN BULUNGAN

Tugas Pokok dan Fungsi serta Organisasi

Berdasarkan UU nomor 16 tahun 1997 tentang Statistik yang kemudian dijabarkan secara rinci melalui keputusan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 121 Tahun 2001 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perwakilan BPS di daerah, BPS Kabupaten Bulungan merupakan Instansi Vertikal yang bertanggungjawab langsung kepada Kepala BPS dan melaksanakan koordinasi dengan kepala daerah setempat (Bupati).
BPS Kabupaten Bulungan mempunyai tugas melaksanakan penyelenggaraan statistik dasar di wilayah Kabupaten Bulungan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
Dalam melaksanakan tugas, BPS Kabupaten Bulungan menyelenggarakan fungsi :
a. Menyelenggarakan statistik dasar di kabupaten.
b. Koordinasi kegiatan fungsional dalam pelaksanaan tugas BPS Kabupaten Bulungan.
c. Pelancaran dan pembinaan terhadap kegiatan instansi pemerintah di bidang kegiatan statistik di kabupaten.
d. Penyelenggaraan pembinaan dan pelayanan administrasi umum di bidang perencanaan umum, ketatausahaan, organisasi dan tata laksana, kepegawaian, keuangan, kearsipan, persandian, perlengkapan, dan rumah tangga BPS Kabupaten Bulungan.
Dalam menyelenggarakan fungsinya, BPS Kabupaten Bulungan mempunyai kewenangan :
a. Penyusunan rencana daerah di kabupaten secara makro di bidang statistik.
b. Perumusan kebijakan di bidang statistik untuk mendukung pembangunan daerah di Kabupaten Bulungan.
c. Penetapan Sistem Informasi Statistik Nasional di Kabupaten Bulungan.
d. Penetapan dan penyelenggaraan statistik nasional di Kabupaten Bulungan.
e. Kewenangan lain yang melekat dan telah dilaksanakan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

A. VISI BPS KABUPATEN BULUNGAN
Pernyataan Visi sebagai berikut :
Terwujudnya informasi Statistik yang terpercaya sebagai tulang punggung informasi di daerah.
Pernyataan visi tersebut mengandung makna bahwa pada tahun 2010 nantinya diharapkan akan terwujud informasi statistik yang terpercaya, dalam arti akurat, tepat waktu dan dapat dipertanggungjawabkan, serta informasi tersebut benar-benar menjadi rujukan tunggal data statistik di Kabupaten Bulungan.

B. MISI
Dalam rangka mewujudkan Visi, maka disusun Misi seperti berikut :
1. Menyediakan informasi statistik yang lengkap, akurat dan mutakhir.
2. Mewujudkan koordinasi, integrasi, sinkronisasi, dan standarisasi kegiatan statistik dalam kerangka sistem statistik nasional yang andal, efektif dan efisien.
3. Meningkatkan kapasitas sarana dan prasarana kerja serta sumber daya manusia yang profesioanal, sehingga mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi informasi mutakhir.
Pemahaman dari Misi tersebut adalah : (1) mampu mewujudkan ketersediaan informasi statistik yang lengkap, akurat dan mutakhir, (2) mampu mewujudkan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan standarisasi kegiatan statistik, serta (3) mampu meningkatkan kapasitas dan kualitas sarana dan prasarana, serta kualitas SDM.

C. NILAI
Nilai yang dianut dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi adalah asas Panca Gatra BPS yang meliputi:
1. Asas Keterbukaan, yaitu dalam pelaksanaan kegiatan perstatistikan, seluruh pegawai harus mengetahui program kerja yang akan dilaksanakan sehingga memahami apa yang akan dikerjakan dan bagaimana cara melaksanakannya.
2. Asas Peran Serta, yaitu dalam pelaksanaan kegiatan perstatistikan, seluruh pegawai dituntut untuk berpartisipasi secara aktif, bahu-membahu menciptakan sinerji, sehingga menghasilkan kinerja seperti yang diharapkan.
3. Asas Pembakuan, yaitu dalam pelaksanaan kegiatan perstatistikan terwujud adanya jaminan pemberian balas jasa yang adil sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing pegawai yang bersangkutan.
4. Asas Efisiensi, yaitu dalam pelaksanaan kegiatan perstatistikan dituntut adanya kondisi yang efisien dan efektif sehingga sasaran yang diharapkan dapat tercapai.
5. Asas Kreativitas, yaitu dalam pelaksanaan perstatistikan masing-masing pegawai dituntut untuk meningkatkan kreativitas kerja agar dapat mendorong penyempurnaan dan perbaikan kinerja dimasa yang akan datang.

D. TUJUAN DAN SASARAN
Untuk mewujudkan Misi di atas Tujuan dan Sasaran BPS Kabupaten Bulungan secara umum dirumuskan sebagai berikut :
1. TUJUAN
a. Menyediakan data statistik dasar, statistik sektoral dan statistik khusus yang lengkap, akurat dan tepat waktu pada skala wilayah dan regional. Statistik Dasar disini adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk keperluan yang bersifat luas baik bagi pemerintah maupun masyarakat, yang memiliki ciri-ciri lintas sektoral, berskala nasional, makro, dan yang penyelenggaraannya menjadi tanggung jawab BPS. Statistik Sektoral adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi bersangkutan. Statistik Khusus adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan statistik dunia usaha, pendidikan, sosial budaya dan kepentingan lain dalam kehidupan masyarakat, yang penyelenggaraannya dilakukan oleh lembaga, organisasi, perorangan dan atau unsur masyarakat lainnya (UU No. 16/1997 tentang Statistik Bab I Ketentuan Umum).
b. Mewujudkan dan mengembangkan sistem statistik regional dan wilayah yang andal, efektif dan efisien guna mendukung pembangunan nasional maupun pembangunan regional. Sistem Statistik Regional dan Wilayah adalah suatu tatanan yang terdiri atas unsur-unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk totalitas dalam penyelenggaraan statistik (UU No. 16/1997 tentang Statistik Bab I Ketentuan Umum).
c. Mewujudkan koordinasi dalam penyelenggaraan kegiatan statistik yang didukung oleh sarana dan prasarana kerja memadai serta kualitas sumber daya manusia yang baik.
2. SASARAN
a. Tersedianya data statistik sosial dan ekonomi yang lengkap, akurat dan mutakhir melalui kegiatan sensus, survei dan kompilasi produk administrasi pada skala wilayah dan regional.
b. Terselenggaranya kegiatan penyempurnaan dan pengembangan statistik serta teknologi informasi yang tepat guna, efektif dan efisien.
c. Terselenggaranya berbagai kegiatan pelatihan dan pendidikan di bidang statistik maupun penunjang kegiatan statistik lainnya serta terwujudnya sarana dan prasarana kerja yang memadai guna mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia.

STRUKTUR ORGANISASI
BPS KABUPATEN BULUNGAN

Susunan Organisasi BPS Kabupaten Bulungan terdiri dari :

  1. Kepala
  2. Bagian Tata Usaha
  3. Seksi Statistik Sosial
  4. Seksi Statistik Produksi
  5. Seksi Statistik Distribusi
  6. Seksi Neraca Wilayah dan Analisis Statistik
  7. Seksi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik
  8. Kelompok Jabatan Fungsional

Kepala BPS Kabupaten Bulungan mempunyai tugas memimpin BPS Kabupaten Bulungan sesuai dengan tugas dan fungsi BPS Kabupaten serta membina aparatur BPS Kabupaten agar berdayaguna dan berhasilguna. Berdasarkan struktur organisasi yang ada, Kepala BPS Kabupaten Bulungan membawahi 5 Kepala Seksi dan 1 Kepala Sub Bagian Tata Usaha. Kepala BPS Kabupaten Bulungan memiliki tingkatan eselon III/a.

2. Sumber Daya Manusia
Jumlah seluruh pegawai BPS Kabupaten Bulungan 24 orang yang terdiri atas pegawai laki-laki 20 orang (83,33%) dan pegawai perempuan 4 orang (16,67 %). Dirinci menurut pendidikan tercatat sebanyak 1 orang tamat SD/SLTP (4,16 %), sebanyak 10 orang tamat SLTA (41,66 %), sebanyak 1 orang tamat D-I (4,16 %), sebanyak 3 orang tamat D-IV (12,50 %), dan sebanyak 8 orang tamat S-1 (33,33%), dan sebanyak 1 orang tamat S-2 (4,16 %)

 Berdasarkan golongan kepangkatan, tercatat sebanyak sebanyak 1 orang Pegawai (4,16 %) golongan IV, 16 orang pegawai (66,67 %) golongan III dan sebanyak 7 orang (29,17 %) golongan II. Dengan demikian, jumlah terbanyak pegawai BPS Kabupaten Bulungan adalah pegawai golongan III.

 Berdasarkan golongan umur pegawai, sebanyak 7 orang (29,17 %) pegawai laki-laki berusia di atas 50 tahun. Selebihnya sebanyak 17 orang (70,83 %) berumur kurang dari 50 tahun. Hal ini memberi petunjuk bahwa SDM BPS Kabupaten Bulungan sebagian besar berusia produktif dan merupakan faktor yang menguntungkan bagi pengembangan organisasi dimasa yang akan datang.

4. Lingkungan stratejik
BPS Kabupaten Bulungan terletak di ibu kota Kabupaten Bulungan yaitu Tanjung Selor, di mana berfungsi sebagai pusat pemerintahan, bisnis/ekonomi, pendidikan dan sebagainya, sehingga tuntutan adanya ketersediaan data statistik secara lengkap akurat, tepat waktu merupakan tantangan yang harus dihadapi.
Pemerintah Kabupaten Bulungan merupakan stakeholders yang berperan besar dalam kegiatan BPS Kabupaten Bulungan. Cukup banyaknya kegiatan-kegiatan statistik yang di selenggarakan oleh BPS Kabupaten Bulungan dengan bantuan pemerintah kabupaten untuk tingkat data makro, meso, maupun mikro yang lebih operasional, merupakan tantangan dan peluang besar untuk lebih menyebarluaskan informasi statistik di daerah ini.

%d bloggers like this: